Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS), Universitas Papua melaksanakan Upacara bertempat di lapangan Sepak Bola Amban Manokwari. Peserta Upacara yang di hadiri oleh seluruh Civitas Akademika Universitas Papua dan sekolah sekolah(SD,SMP, SMA)  yang ada di sekitar Wilayah Amban  berjalan dengan penuh hikmat di dukung dengan cuaca mendung.

Dalam Amanat Upacara Wakil rektor II Bidang Umum dan keuangan Universitas Papua (UNIPA) Dr. Ir. Bambang Nugroho, M.Sc membacakan Sambutan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEK-DIKTI) mengatakan bahwa “Salah satu tujuan pemerintah negara Indonesia yang dihantar oleh perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia adalah memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Pembangunan pendidikan berkualitas juga merupakan salah satu target pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) untuk mendorong kesejahteraan semua kalangan.”

Thema Hardiknas 2019 yang di usung KEMENRISTEK-DIKTI adalah mewujudkan “SDM Kompetitif, Inovatif, dan Berkarakter”. Tema ini relevan untuk menghadapi kondisi dunia yang berkembang menjadi semakin kompleks dengan kecepatan perubahan yang semakin pesat. Perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia terus mengalami perkembangan. Jumlah instansi pendidikan tinggi di Indonesia saat ini berjumlah 4.741. Namun, dengan penyelenggara sebanyak itu, angka partisipasi kasar pendidikan tinggi kita pada tahun 2018 masih 34,58%. Artinya, masih ada sekitar 65% anak-anak usia kuliah tidak mampu mengenyam pendidikan tinggi. Kita harus melakukan terobosan dan inovasi untuk dapat meningkatkan jumlah mahasiswa di seluruh  perguruan tinggi di Indonesia dengan mutu yang baik dan relevan dengan kebutuhan pembangunan dan pasar kerja.

mengakhiri sambutan KEMENRISTEKDIKTI, Wakil Rektor II  Dr. Ir. Bambang Nugroho, M.Sc mengajak seluruh Civitas Akademika untuk  sama-sama wujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur melalui pendidikan tinggi yang berkualitas yang berorientasi pada pencetakan SDM yang kompetitif, inovatif, dan berkarakter. Strategi untuk meningkatkan mutu.

KEMENRISTEKDIKTI melalui Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan juga menyampaikan terimakasih kepada pimpinan perguruan tinggi, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa, serta komunitas pendidikan tinggi di seluruh tanah air yang terus menerus berihtiar bersama-sama untuk memajukan pendidikan tinggi yang relevan, berkualitas dan terjangkau.

 

“Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional”

 

Pin It on Pinterest

Share This