UNIPA (2/8),  BIDIKMISI singkatan dari “Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi” adalah Beasiswa dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Riset, Teknologi  dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEKDIKTI) RI yang disiapkan untuk membantu anak bangsa yang memiliki kemampuan Akademik yang baik tapi terkendala dengan biaya dikarenakan keadaan ekonomi keluarga yang tidak menunjang untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi (PT). Dengan adanya bantuan pendidikan diharapkan dapat memutuskan rantai kemiskinan sehingga keadilan Sosial bagi seluruh rakyat indonesia dapat terwujud di bumi NKRI pada umumnya dan mahasiswa Unipa pada khusunya.

Sejak pertama kali diluncurkan  tahun 2010 hingga saat ini (2018), Universitas Papua (UNIPA) dipercayakann untuk mengelolah beasiswa tersebut. Dalam kurun waktu 7 (tujuh) tahun BIDIKMISI berhasil memutuskan rantai kemiskinan dan membuka akses  lebih luas dalam rangka menyelamatkan anak-anak bangsa khusunya yang berasal dari keluarga miskin baik Orang Asli Papua maupun non Papua yang kuliah di Universitas Papua.

Beasiswa ini berlaku selama 4 (empat ) tahun  untuk Mahasiswa S1 sedangkan untuk Mahasiswa Diploma tiga (D3) berlaku selama tiga tahun (jadi ingat kalau dapat Beasiswa BIDIKMISI harus selesai tepat waktu). sampai dengan saat ini jumlah penerima Beasiswa BIDIKMISI sebanyak 2.915 Mahasiswa yang tersebar di 12 Fakultas di UNIPA. Dari 2.915 mahasiswa tersebut 600 mahasiswa (baik dari strata satu dan Strata Nol) telah berhasil menyelesaikan studinya berkat bantuan BIDIKMISI sedangkan sisanya sebanyak 2.315 mahasiswa masih dalam studi. tahun 2018 ini kuota penerima Beasiswa BIDIKMIS yang disediakan untuk 750 orang mahasiswa.

Bagi mahasiswa baru Tahun Ajaran 2018/2019 yang ingin memperoleh Beasiswa BIDIKMISI caranya sangat mudah, cukup isi formulir yang disediakan dibagian pelayanan BIDIKMISI lantai dua Biro Akademik dan Kemahasiswaan gedung rektorat baru, kemudian kembalikan disertai dokumen-dokumen lainnya seperti foto copy  Ijazah/SKHU SMA/SMK, Foto copy Raport semester 1-5, Kartu Keluarga, pas foto dan lain-lain (lebih lengkap dapat dilihat di Formulir BIDIKMISI).

Jika anda memiliki prestasi akademik yang baik tapi tidak mempunyai biaya untuk kuliah di UNIPA jangan ragu silahkan daftarkan diri anda siapa tahu anda beruntung karena beasiswa BIDIKMISI bukan hanya menyediakan biaya pendidikan tetapi juga menyediakan Biaya hidup dan biaya Pemondokkan yang lumayan nilainya.

pastikan diri anda selain memiliki prestasi akademik yang baik juga anda berada dari keluarga miskin mungkin karena (1) Anda seorang Yatim / Piatu, (2) kedua orang tua tinggal di daerah terpencil dan tidak memiliki penghasilan tetap, atau  (3) kedua orang tua tinggal di Kota tetapi keduanya tidak memiliki pekerjaan tetap. jika anda masuk di kategori ini maka anda pantas untuk mendapat Beasiswa BIDIKMISI dan ingat jangan menipu diri sendiri artinya jangan pura-pura miskin demi mendapatkan Beasiswa BIDIKMISI karena itu dosa dan tidak menghargai berkat Tuhan. Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia harus diwujudkan dari kita oleh kita dan untuk kita dengan berperilaku yang jujur dan bertanggungjwab.

Dari 2000 Mahasiswa yang akan diterima di UNIPA pada tahun yaitu  Tahun Ajaran 2018/2019), hanya 750 orang mahasiswa saja yang akan menerima beasisiwa BIDIKMISI (sesuai kuota yang di siapkan oleh Kemenristekdikti untuk UNIPA) jadi berikanlah kesempatan kepada mereka yang benar-benar layak untuk mendapat beasiswa tersebut.

Demikian info tentang beasiswa BIDIKMISI, kalau masih bingung atau kurang jelas bisa menghubungi pengelolah BIDIKMISI ibu Iriwi L. Sinon, S.Pd, M.Si (no Kontak 0813-4483-8130, 082192340840 (WA ) atau bisa ke asistennya Ibu Iriwi yaitu kakak Jefri ( no kontak 082197662502).

~~HUMAS UNIPA~~

Pin It on Pinterest

Share This