Manokwari, (13/8) Uniersitas Papua (UNIPA) menjadi tuan rumah Kongres Internasional Masyarakat Longistik Indonesia yang secara kontinyu dilaksanakan dua tahun sekali di seluruh Indonesia. kegiatan yang berlangsung selama 4 (empat) hari itu dihadiri oleh 127 peserta dari seluruh Indonesia.

Kongres Internasional Masyarakat Linguistik Indonesia tersebut  menghimpun Ahli Bahasa dari seluruh Indonesia diantaranya dari Sumatera, Medan, Padang, Bengkulu, Palembang dan  beberapa Unversitas di Jawa dan juga  dari Jayapura (Papua) demikian kata ketua Panitia Yusuf Sawaki.

Kongres tersebut menghadirkan 5 Keynote Speaker atau  pembicara utama diantaranya 2 orang dari Jerman, 2 orang dari Inggris dan 1 orang dari Australia yang diundang secara khusus untuk memberikan materi pada kongres tersebut. sedangkan satu orang tamu lainnya juga diundang hadir pada kongres tersebut yaitu kepala Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa dari Badan Bahasa Jakarta. kata Yusuf Sawaki, ” ada 121 orang peserta yang abstraknya  diterima ini berarti mereka bisa memberikan materi pada kelas paralel.

kegiatan yang berlangsung dari tanggal 13 – 16 Agustus 2018 menghasilkan beberapa keputusan dua diantaranya adalah memilih Ketua Masyarakat Linguistik Indonesia Pusat yang baru yaitu Dr. Lu Anik  Mayani, dari Pusat Badan Bahasa menggantikan ketua yang lama yaitu ibu Katerina Sukamto,P.Sd, dan yang kedua adalah memutuskan tempat dilaksanakannya Kongres Internasional Masyarakat Linguistik Indonesia untuk dua tahun yang akan datang  (tahun 2020) di Universitas Hasanuddin Makassar.

Linguistik adalah studi yang sistematis tentang bahasa, atau disiplin ilmu yang mendeskripsikan bahasa dalam semua aspeknya dan memformulasikan teori bagaimana bahasa itu bekerja.

Diharapkan dengan Kongres ini muncul ketertarikan untuk Penelitian Bahasa Papua terutama lebih banyak lagi supaya pada Kongres seperti ini banyak pemakalah dari Papua dimana pada saat ini  hanya beberapa orang saja yang membawakan makalah, demikian harapan ketua Panita pelaksana (Yusuf Sawaki) diakhir keterangannya.

~~HUMAS~~

Pin It on Pinterest

Share This