Sejarah Singkat

Perubahan-perubahan dunia saat ini menjadi sangat dinamis, tidak terkecuali di Indonesia, secara khusus di Tanah Papua. Beberapa faktor penyebab perubahan ini antara lain pertumbuhan penduduk, konsumsi sumberdaya alam, pembangunan dan globalisasi, kontroversi politik dan sosial, serta perkembangan teknologi. Faktor-faktor penyebab perubahan ini berkontribusi pada permasalahan-permasalahan di berbagai aspek dalam pembangunan. Jika permasalahan-permasalahan tersebut tidak dapat diatasi, maka pembangunan akan terhambat dan tujuan mensejahterakan kehidupan masyarakat tidak dapat tercapai. Untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut, dibutuhkan data dan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi di Papua yang memiliki sumberdaya manusia intelektual, Universitas Papua (UNIPA) diharapkan dapat berkontribusi positif untuk mendukung pembangunan nasional, khususnya di Papua guna peningkatan taraf hidup masyarakat. Salah satu kontribusi penting yang bisa diberikan sesuai dengan kompetensi UNIPA adalah penyediaan data dan informasi yang akurat dan up-to-date, khususnya data dan informasi spasial keruangan untuk mendukung pengambilan keputusan serta kebijakan pemerintah.

Hingga saat ini, UNIPA sudah memiliki sumberdaya manusia di bidang geospasial, yaitu staf-staf dosen atau peneliti yang memiliki latar belakang pendidikan, ketrampilan dan pengalaman di bidang spasial keruangan dari berbagai bidang ilmu. Staf-staf UNIPA telah terlibat dalam berbagai bentuk kegiatan Seperti bimbingan teknis untuk staf pemerintah daerah, pelatihan-pelatihan pemetaan dan pengolahan data spasial, penyusunan tata ruang provinsi dan kabupaten, penyusunan basisdata dan profil sumberdaya dan lingkungan kabupaten-kabupaten maupun di lingkup provinsi Papua dan Papua Barat. Keberadaan UPT Geospasial disamping akan mendukung pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi oleh civitas akademika UNIPA, juga akan mengoptimalkan peran UNIPA dalam mendukung pembangunan daerah di Papua.

Pin It on Pinterest

Share This