Berita

IMG 20211125 183705 scaled

Konferensi Internasional Biologi yang dilaksanakan di Hotel Mansinam Manokwari Papua  menghadirkan peneliti dari dalam dan luar negeri secara online dan offline di tutup pada tanggal 25 November 2021 di tutup oleh Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Markus H. S.SI, M.Sc, Ph.D.

Dr. Markus mengatakan bahwa salah satu informasi penting yang dapat dari para peneliti kita dalam konferensi ini adalah tanah Papua memiliki spesies endemik yang jumlahnya mencapai belasan ribu, dalam dua tahun ke depan kalau giat melakukan penelitian maka jumlahnya bisa mencapai puluhan ribu spesies endemik karena masih banyak wilayah di tanah Papua yang belum di teliti. Lanjutnya lagi  hal ini di karenakan kurangnya dukungan dana dari para sponsor termasuk Pemerintah. Padahal kata Dekan MIPA kalau di teliti lebih jauh lagi terutama di daerah-daerah yang belum di jangkau bukan tidak mungkin jumlah spesies endemik lebih banyak lagi yang ditemukan. Oleh karena itu ia  mengharapkan agar pemerintah bersedia  memberikan dukunga karena kita harus sadar bahwa proses pembongkaran lahan baru baik untuk perpembangunan terus dilakukan  dimana hal tersebut bisa saja memusnakan spesies baru sebelum di temukan.

IMG 20211125 174422

Pak Heri juga mengucapkan terima kasih kepada KOBI yang mempercayakan Prodi Biologi Unipa untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan konferensi dan Rakornas KOBI yang ke empat tahun 2021 ini. Sebelum menutup Konferensi dan Rakornas Kobi Pak Heri menyampaikan ucapan  terima kasih kepada para sponsor yang ikut memberikan dukungan yang luar biasa sehingga acara dapat berjalan dengan baik, para sponsor dan mitra kerja yang dimaksud adalah Gubernur Provinsi Papua Barat melalui Balitbangda Provinsi Papua Barat, PT, Freeport Indonesia, KOBI dan Conservation International. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada panitia di bawa pimpinan Dr. Keliopas Krey, S.Pd, M.Si selaku ketua pelaksana yang bekerja dengan sangat baik  hingga suksesnya acara tersebut.

Terima kasih yang sama juga disampaikan kepada Pengurus KOBI Indonesia yang bersedia meluangkan waktu datang ke Papua Barat menghadiri acara konferensi dan Rakornas padahal saat ini masih dalam situasi pandemi. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada para peneliti yang sudah memaparkan hasil penelitian mereka. Acara di akhiri dengan foto bersama. (m/i).

IMG 20211125 180605 scaled