Berita

IMG 20200212 140550

Manokwari, PPID.unipa.ac.id, (14/2) Universitas Papua (UNIPA) pada Tahun Ajaran 2019/2020 menerima lebih dari dua ribu  mahasiswa baru. Sebagaimana biasanya di Perguruan Tinggi setiap mahasiswa baru  wajib mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) sebelum proses perkuliahan dimulai, namun Unipa baru laksanakan  setelah memasuki semester II tepatnya tanggal 11 – 13 Februari 2020.

IMG 20200212 160213Jumlah mahasiswa yang mengikuti PKKMB tersebut sebanyak 1.589 mahasiswa yang tersebar di sepuluh Fakultas, Sekretaris Panitia Sonya Marini, S.Si mengatakan “jumlah mahasiswa PPKMB yang ikut saat ini dari 10 Fakultas saja, dua fakultas lainnya tidak ikut gabung disini”. dua fakutas yang dimaksudkan oleh Sekretaris Panitia adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) di Kabupaten Manokwari Selatan (MANSEL)  dan Fakultas Kedokteran di Sorong, mereka tidak ikut PKKMB saat ini karena  sudah ikut kegiatan tersebut  di fakultas masing-masing pada bulan Agustus 2019.

Ketika ditanyakan  mengapa PKKMB baru dilaksanakan,  Sekretaris panitia mengatakan bahwa tertundanya pelaksanaan PKKMB dikarenakan di bulan Agustus 2019 kondisi kampus Unipa Manokwari  kurang kondusif sehingga pimpinan dan panitia menunda pelaksanaan sampai  awal semester dua (Februari 2020).

PKKMB yang dilasanakan selama 3 hari itu ( Selasa – kamis ) dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Ir. Derek Kornelis Erari, M.Si dan di tutup oleh Rektor Unipa Dr. Ir. Jacob Manusawai, M.H

Salah Satu peserta Aprilia Urbinas Mahasiswa dari Fakultas Pertanian ketika diminta pendapat tentang PKKMB ia mengatakan sangat senang bisa mengikuti Kegiatan (PKKMB) ini. “saya senang bisa ikut kegiatan ini karena sangat bermanfaat bagi saya sebagai mahasiswa, materi-materi yang disampaikan sangat bagus dapat membuka wawasan berpikir saya sebagai seorang mahasiswa baru”.

IMG 20200212 160216

Sementara itu Rektor Unipa Dr. Ir. Jacob Manusawai, M.H pada acara penutupan kegiatan PKKMB mengatakan Materi-materi yang disajikan oleh penyaji dalam PKKMB  ditujukan dalam rangka pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta terhadap Kampus Unipa, rasa cinta terhadap tanah air dan kepedulian terhadap lingkungan disekitar dan juga dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan berintegritas. Rektor menutup pelaksanaan PKKMB dengan pelepasan Nametag dan penyerahan sertifikat kelulusan secara simbolis kepada wakil peserta.

(humas_unipa)