Berita

WhatsApp Image 2020 05 18 at 13.03.21Manokwari, ppid.unipa.ac.id (18/5), Sekretaris Jenderal (SEKJEN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)  atas nama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI hari ini Senin (18/5) telah   melantik Dr. Meky Sagrim, SP, M.Si sebagai Rektor Universitas Papua (UNIPA) yang baru periode tahun 2020-2024, menggantikan Rektor sebelumnya Dr. Ir. Jacob Manusawai, M.H,  bertempat di Aula utama Unipa Manokwari. Walaupun upacara pelantikan ini digelar via Online di tengah Pandemi Covid-19 tetapi tidak mengurangi makna pelantikan itu sendiri. Acara yang berlangsung aman dan lancar tersebut di hadiri  beberapa tamu dan undangan diantaranya Gubernur Papua Barat, Sekretaris Daerah (SEKDA) Papua Barat,  Bupati Manokwari, Bupati Manokwari Selatan dan beberapa MUSPIDA di lingkungan Provinsi Papua Barat serta pimpinan lembaga dan BUMN.

WhatsApp Image 2020 05 18 at 13.03.28 1Sekjen Kemendikbud Prof. Ainum, Na’im, Ph.D, dalam amanat pelantikan mengatakan “Pendidikan manusia Indonesia seutuhnya harus senantiasa mengikuti perkembangan zaman dan tentulah memperhatikan perilaku pendidikan itu sendiri yaitu manusianya. Insan-insan pendidikan haruslah dilihat sebagai subyek bukan sebagai obyek. Untuk itu KEMENDIKBUD yang bertangungjawab atas kebijakan-kebijakan di bidang pendidikan yang digulirkan haruslah memberikan kebebasan kepada insan pendidikan untuk berkreasi, berinovasi dan berpartisipasi aktif dalam memajukan dunia pendidikan. Peran Pendidikan Tinggi sangat besar untuk membangun watak dan peradaban bangsa dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan Tinggi harus senantiasa bersikap inovatif, rensponsif, kreatif dan berdaya saing global untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan tetap memperhatikan nilai-nilai kemanusiaan” kata Prof. Ainum.

rektor dan mupida “Kampus merdeka merupakan suatu lompatan  besar yang akan memberikan peluang bagi sistem pendidikan kita untuk berkembang secara lebih fleksibel dalam menghadapi tantangan jaman sekarang.  Terdapat  4 (empat) kebijakan penting kampus merdeka yang akan mengubah kultur pembelajaran menjadi lebih inovatif. Yang pertama mengenai pembukaan program Studi baru, kedua mengenai Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi,  ketiga Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTN-BH) atau mengenai Proses menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum dan yang keempat mengenai hak belajar  bagi mahasiswa untuk menempuh proses pembelajaran sebagai subjek pembelajaran yang lebih fleksibel di luar program studi” katanya lagi.

Mengacu pada kebijkan kampus merdeka, Prof. Ainum Na’im,  yang juga  merupakan orang  nomor dua di lingkungan Kemendikbud mohon kepada  Rektor yang baru dilantik untuk “memberikan ide-idenya dalam mengembangkan kurikulum dan program-program di Perguruan Tinggi  yang menjadi amanahnya sehigga menjadi konsisten dengan strategi kampus merdeka tersebut dan juga menjawab tantangan- tantangan ke depan dan akhirnya menghasilkan lulusan-lulusan yang lebih inovatif”.

rektor baru dan tim tikProf. Ainum juga  menyampaikan terima kasih  dan penghargaan kepada Rektor periode sebelumnya atas pengabdiannya  yang sudah memimpin Unipa pada periode lalu.

Menanggapi amanat Sekjen Mendikbud,  Dr.Meky Sagrim, Rektor terpilih untuk tahun periode kel rektor dan gubernur2020-2024 mengatakan bahwa dirinya akan berusaha untuk memajukan sesuai dengan Unipa dari PTN Satker menjadi PTN-BH atau BLU dengan berbagai usaha  diantaranya  meningkatkan Akreditasi kampus, perbaikan Laboratorium, peningkatan SDM di lingkungan Unipa, peningkatan layanan Internet, membangun kerjasama dengan Pemerintah dan berbagai pihak juga  kebijakkan lainnya. Pak Meky Sagrim  juga berharap kerjasama dan dukungan seluruh Civitas Akademika untuk  kemajuan Unipa  menjadi Perguruan Tinggi yang unggul sehingga dapat bersaing dengan Perguruan Tinggi lainnya  di Indonesia. (m/i)

rektor baru dan lama bersama gubernur pb

~humas-unipa~