Berita

1 2
Dr. Keliopas Krey, S.Pd, M.Si, Wakil Rektor Bidang Mahasiswa dan Alumni Unipa

Manokwari. ppid.unipa.ac.id. Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang telah diluncurkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional sejak  tahun 2009. dimaksudkan untuk memfasilitasi para mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat untuk memulai berwirausaha dengan basis ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang sedang dipelajarinya.

2 3
Wakil Rektor III, Panitia penyelenggara dan Narasumber foto bersama dengan Peserta Lokakarya

Dalam rangka menjawab tuntutan tersebut Universitas Papua (Unipa) melalui Wakil Rektor III Bidang  Kemahasiswaan dan Alumni menyelenggarakan lokakarya Wirausaha muda Unipa pada hari Sabtu (21/11) dengan menghadirkan 2 (dua) narasumber muda yang kreatif  yaitu Simon Tabuni, S.S, M.A (Ketua Koordinator Papua Muda Inspirasi) dan Willy D. Sombuk, ST,  (Owner Wilchof Roastery & Shop.)

3 3
Dr. Ir. Umi Yuminarti, MP, Ketua Pelaksana Lokakarya Wirausaha Muda Unipa

Ketua panitia penyelenggara Dr. Ir. Umi Yuminarti, MP dalam laporan  pada acara penutupan mengatakan  lokakarya ini  menghasilkan beberapa  rekomendasi diantaranya bagaimana meningkatkan atau memotivasi wirausaha untuk tidak patah semangat ketika usahanya belum berhasil dan bagaimana pemasaran hasil usaha yang baik secara ofline maupun online,  ia menjelaskan permasalahan utama yang menyebabkan wirausaha muda kesulitan dalam mengembangkan usahanya adalah biaya pengiriman bahan baku.

4 2
Simon Tabuni, S.S, M.A (Ketua Koordinator Papua Muda), Narasumber

Selain rekomendasi tersebut kata Umi Lokakarya ini juga berhasil membentuk komunitas wirausaha muda unipa dimana saudara Djihad Maulana Sirfefa mahasiswa dari Fakultas Sastra dan Budaya terpilih sebagai ketua dan Nur Oktaviani Putri  sebagai sekretaris.

5
Willy D. Sombuk, ST, (Owner Wilchof Roastery & Shop.), Narasumber

Sementara itu wakil Rektor III Bidang Mahasiswa dan Alumni Dr. Keliopas Krey, S.Pd, M.Si,  dalam sambutannya pada acara penutupan lokakarya mengatakan “di erah pandemi Covid-19 ini juga era revolusi industri 4.0 mahasiswa sebagai penerus masa depan bangsa harus diberikan kesempatan untuk ekspresikan nalar mereka”. Ia menambahkan “kegiatan kewirausaaan ini akan menjadi jargon WR-3 untuk mempromosikan kegiatan non akademik  di unipa yang berkaitan dengan penalaran”.

6
Djihad Maulana Sirfefa, Ketua Terpilih Komunitas Wirausaha Muda Unipa

“Komunitas wirausaha Pertama di Unipa yang  dibentuk hari ini  akan dilegalkan melalui surat Keputusan Rektor sehingga dalam proses perencaan, pembinaan dan pelaksanaan kegiatan lainnya tidak mengalami kendala dari sisi administrasi dan hal teknis lain, katanya. Ia juga mengatakan “komunitas ini akan menjadi wadah untuk menampung semua mahasiswa unipa yang akan terlibat dalam dunia usaha untuk mengembangkan nalar mereka selama ada di bangku kuliah”.

DSC02297

Dr. Kelly Krey,  tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada panitia yang sudah kerja maksimal dalam keberhasilan lokakarya juga kepada narasumber yang  bersedia membagi ilmu  kepada peserta Lokakarya.(m/i)

~humas-unipa~