Berita

WhatsApp Image 2021 10 07 at 18.52.40 1

Manokwari, (7/10), Membuka usaha merupakan opsi yang dewasa ini banyak dipilih oleh mahasiswa di Indonesia untuk mendukung kebutuhan ekonomi dalam masa pandemi COVID-19. Selain untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, berwirausaha bisa juga dilakukan untuk mengisi waktu luang dan juga untuk menambah pemasukan. 

Oktovinus Tekege  Mahasiswa dari Fakultas Pertanian Universitas Papua yang berasal dari kabupaten Paniai bersama dua temannya telah melihat peluang itu dan memanfaatkannya. Wirausaha yang dijalankan oleh ketiga orang baik secara Offline dan online. Jualan mereka juga masih sebatas bahan bumbu dapur berupa bawang merah dan bawang putih kemudian  usaha lainnya adalah menjual noken Papua.

WhatsApp Image 2021 10 07 at 18.52.40 2

Ketiga  mahasiswa yang menempati kamar sewa  dengan harga jutaan perkamar tiap bulan tentu berat bagi mereka yang penghasilan orang tuanya hanya mengadalkan hasil kebun tradisonal. Oleh karena itu untuk bantu meringankankan beban orang tua, ketiga mahasiswa sepakat membuka usaha jualan bawang dan noken  di sekitar kosnya.

“Masa pandemi ini kuliah dilaksanakan secara online, sehingga ada waktu kosong banyak, jadi saya dan teman-teman pikir daripada waktu kosong ini kita tinggal-tinggal saja sebaiknya kita usaha jualan saja sekaligus bantu orang tua yang sudah tua” kata Okto memberikan penjelasan kepada humas Unipa saat mengunjungi tempat wirausaha “NOPASE”.  

WhatsApp Image 2021 10 07 at 18.52.39 2

Dari hasil usaha itu  mereka mampu membayar spp, biaya pemondokan dan kebutuhan lainnya. Usaha mereka laris manis  karena teman-teman kos yang jumlahnya hampir 100 orang dan masyarakat sekitar memberikan dukungan  dengan membeli hasil jualan mereka karena selain murah harganya juga  tidak perlu mengeluarkan biaya transport, hal ini membuat ketiga mahasiswa makin semangat untuk kembangkan  usahanya.

Kedepan rencana mereka akan menjual kebutuhan pokok lain berupa sayur dan makanan mentah. Bagi bapa ibu yang  ingin belanja di tempat Wirausaha Napase bisa langsung menghubungi ke nomor kontak 0813-4328-8355  dan pesananpun akan di antar ke tujuan tapi jangan lupa akan dikenakan  ongkir sebesar sepuluh ribu rupiah untuk satu kali pesanan khusus dalam kota Manokwari dan sekitarnya.

WhatsApp Image 2021 10 07 at 18.52.41 1

Wakil Rektor III Unipa, Dr, Keliiopas Krey, S.Pd, M.Si. dalam keterangannya ketika mengunjungi kelompok wirausaha Napase mengatakan “Kejelian melihat peluang menjadi kunci mahasiswa dalam membuka usaha. Saya bangga lihat ada mahasiswa asli Papua yang Kuliah sambil mengembangkan usaha sendiri. Sebenarnya hal ini tidaklah mudah, semua itu  membutuhkan kemampuan  Mahasiswa itu sendiri mereka harus pintar dan bijak membagi waktu  dengan begitu kewajiban utama berkuliah tidak terbengkalai tapi bisnis juga tetap lancar”. Katanya lagi “Untuk menopang Wirausahan kelompok Nopase, kantor WR III akan memberikan bantuan modal dan pembinaan sehingga usahanya makin lancar karena kegiatan wisausaha seperti ini akan mendorong terselenggarakannya IKU 1 dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Unipa”.

Wakil Rektor III juga mengatakan akan disiapkan tempat jualan khusus untuk mahasiswa sehingga yang ingin mengembangkan usaha bisa berjualan di tempat tersebut katanya mengakhiri keterangannya (m/i)