Berita

baliho Konferensi Internasional Biologi

Manokwari (24/11), hari ini Universitas Papua (Unipa) mulai gelar pelaksanaan Konferensi Internasional Biologi yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Papua Barat dalam hal ini di wakili oleh Sekretaris Daerah (SEKDA). Acara skala Internasional yang dilaksanakan di Mansinam Beach Hotel  itu di hadiri oleh Sekda Papua Barat, Bupati Manokwari, para  Dosen, para Guru Besar  di lingkungan Unipa, dan pimpinan di lingkungan Unipa serta Forkopindo Papua Barat.

Ketua Panitia Pelaksana Dr. Keliopas Krey, S.Pd, M.Si yang juga Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unipa dalam laporannya mengatakan tema yang dipilih dalam konferensi ini adalah “Membangun Optimisme Pasca Pandemi Covid-19 Kaitan Dengan Pelestarian Dan Pengembangan Biodiversitas. Jenis acara yang akan dilaksanakan selama dua hari ini adalah  konferensi internasional dan rapat koordinasi Konsorsium Biologi Indonesia tahun 2021.

Ketua Panitia scaled

Ketua pantia melaporkan bahwa Unipa melalui Prodi Biologi mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan kegiatan bertaraf Internasional dan bertaraf Nasional ini oleh karena Program Studi Biologi bisa mencapai akreditasi Baik Sekali. Ia juga mengatakan”tentunya kegiatan bersejarah ini akan mendorong proses reakreditasi prodi dan juga memperkuat reakreditasi Universitas Papua pada masa  mendatang.

Tujuan pelaksanaan konferensi inernasional ini di Papua Barat adalah untuk mendukung pembangunan berkelanjutan (sustainable development) secara global  untuk kemaslahatan  umat manusia dan  meningkatkan daya saing riset unggulan dan publikasi ilmiah dalam bidang Biodiversity, konservasi sumberdaya alam dan lingkungan, Biologi Mulekuler, Bio Teknologi, Microbiologi dan Kesehatan serta Bio Antropologi” Lanjutnya lagi selain tujuan tersebut, kita juga ingin mendorong partisipasi peneliti muda, mahasiswa kita untuk  mengaktualisasi kemampuan dan pengalaman desimilasi ilmiah pada tingkat internasional”.

pembukaan konfrensi2 scaled

Konferensi Inernasional ini akan berlangsung selama dua hari yakin 24-25 November 2021 akan menghadirkan 9 pembicara utama baik dari dalam maupun luar negeri, ada 7 negara yang terlibat dalam kegiatan Konferensi internasional ini dengan jumlah peserta sebanyak 200 orang dari berbagai negara dan berbagai daerah di Indonesia. Selain itu lebih dari 100 naska  telah terdaftar kepada panitia dalam konferensi ini katanya. Mengakhiri laporannya, ketua Panitia mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Papua Barat dan para sponsor yang mendukung terlaksananya konferensi ini diataranya Balitbangda Papua Barat, PT Freeport Indonesia, Konservasi Biologi (KOBI) dan Conservation International. Ucapan terima kasih juga disampaikan  kepada panitia yang sudah bekerja keras selama masa persiapan sampai pada pelaksanaan.

konferensi scaled

Tambahan informasi bahwa Conservasi Biologi Indonesia adalah  Oraganisasi yang berperan aktif dalam membangun pendidikan tinggi biologi di indonesia, dalam penguasaan  keanekaragaman hayati dan pemanfaatan Sumberdaya alam hayati  (bio resources) secara optimal dan berkelanjutan bagi kesejahteraan umat manusia. (m/i)