fmipa

Uniknya alam Papua menjadi objek potensial yang dapat dikaji dengan Ilmu Sains dan Teknologi. Di antaranya seperti logam-logam tambang yang dapat dikelola menjadi bahan bermanfaat melalui proses kimia yang dipelajari pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Universitas Papua. FMIPA UNIPA memiliki empat pilihan program studi jenjang sarjana yang bisa kamu pilih, yaitu Program Studi Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Sebagian besar lulusan memiliki karir di bidang akademik sebagai dosen di universitas negeri dan swasta, atau menjadi guru di pendidikan menengah, sementara yang lain menjadi peneliti di berbagai lembaga penelitian milik pemerintah atau menjadi ahli di lembaga pemerintah atau perusahaan swasta nasional. Beberapa dari mereka menjadi konsultan atau berwirausaha berdasarkan sains-teknologi.

BIOLOGI
Biologi merupakan cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam. Lebih jauh, jika memilih jurusan Biologi pada jenjang kuliah maka kamu akan mendalami segala fenomena yang berkaitan sama benda hidup seperti sel, struktur/ fungsi organ/ fenomena psikologis yang menjangkiti organisme, interaksi biologi dan lingkungan, keragaman spesies dan warisan, perkembangan, dan evolusi.
FISIKA
Fisika merupakan bidang ilmu yang fokus mempelajari gejala alam tidak hidup (materi) dalam lingkup ruang dan waktu. Mulai dari menelusuri dasar-dasar hukum alam partikel submikroskopis yang membentuk materi hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos.
KIMIA
Di jurusan Kimia, kamu bakal mempelajari struktur, sifat, dan reaktivitas suatu zat. Terdapat pula materi fisika kimia yang mempelajari sifat-sifat zat di lapangan untuk lebih memfokuskan diri pada senyawa organik, senyawa anorganik, protein, dan sebagainya.
MATEMATIKA
Jurusan Matematika fokus mempelajari berbagai teori matematika secara mendalam, seperti geometri, aljabar, hingga matematika diskrit. Jadi, kamu akan bertemu dengan beragam konsep dalam matematika seperti mempelajari fitur lain dari angka, juga ruang multidimensi.
S1 Matematika
S1 Fisika
S1 Kimia
S1 Biologi