fpik

Keanekaragaman laut Raja Ampat mendorong Universitas Papua membangun sebuah kampus kelautan dan perikanan di wilayah provinsi Papua Barat. Dengan dibukanya kampus ke-3 yang terletak di Waisai, ibukota Kabupaten Raja Ampat, diharapkan dapat menjadi pusat laboratorium kelautan terbesar di Indonesia dan dunia. Keindahan dan kekayaan alam yang dimiliki kabupaten ini memang sudah terkenal mampu menarik turis dan peneliti lokal dan mancanegara.

BUDIDAYA PERAIRAN
Jurusan Budidaya Perairan disebut juga Akuakultur. Jurusan ini mempelajari segala hal tentang budidaya, baik ikan air laut, ikan air tawar, lele, udang, cumi-cumi, lobster, mutiara, rumput laut, serta berbagai jenis ikan dan biota yang lain. Mahasiswa jurusan ini belajar teknik penangkapan ikan di laut atau di perairan darat seperti sungai, danau, dengan perantara nelayan, kapal-kapal perikanan, pelabuhan dan lain-lain. Di jurusan ini nantinya kamu akan menjadi pakarnya ikan, karena tau banget cara bedain ikan sakit dan sehat.
KELAUTAN
Kelautan merupakan cabang dari ilmu bumi yang mempelajari lautan. Topik pembahasan di jurusan ini antara lain meliputi organisme laut, dinamika ekosistem laut, geologi dasar laut, arus samudera, gelombang, dan dinamika cairan geofisika. Selain itu, bidang ini juga berhubungan dengan atmosfer lho. Tak heran jika nantinya kamu juga akan membahas isu-isu mengenai perubahan iklim, potensi pemanasan global, dan masalah biosfer terkait.
PERIKANAN
Hidup di negara maritim membuat jurusan yang satu ini menjadi salah satu jurusan yang sangat menjanjikan. Jurusan perikanan merupakan bidang ilmu yang mempelajari ilmu perikanan dari berbagai dimensi mulai dari teknik pengelolaan perikanan, pengolahan produk perikanan, hingga manajemen bisnis perikanan.
D3 Budidaya Perikanan
S1 Ilmu Perikanan
S1 Manajemen Sumber Daya Perairan
S1 Ilmu Kelautan