pertanian

Terbentuknya Universitas Papua merupakan pengembangan dari Fakultas Pertanian Universitas Cenderawasih, dan saat ini Unipa telah memiliki Fakultas Pertanian sendiri yang berkembang dengan pesat. Selain menjadi salah satu fakultas unggulan, staf pengajar Faperta Unipa juga sangat mumpuni, lho. Salah satunya dibuktikan dengan penghargaan internasional Whitley Award 2014 yang diterima staf dosen Fitryanti Pakiding, PhD karena berhasil melestarikan penyu belimbing di daerah Jamursba Medi dan Warmon.

Lulusan program studi ini dapat berkarir sebagai diplomat, jurnalis, analis politik international, staf perusahaan swasta, lembaga pemerintahan, perbankan, dosen dan peneliti.

AGROTEKNOLOGI
Agroteknologi merupakan bidang studi yang mempelajari penguasaan teknologi pada produksi pertanian dengan memperhatikan kualitas dan efisiensi. Kamu akan belajar tentang cara mengelola tanaman, lahan, hama, dan ekosistem, dengan upaya untuk menghasilkan produk yang aman dan berdaya saing. Selain itu, kamu juga akan mempelajari berbagai permasalahan di bidang pertanian, pembenihan, dan perkebunan. Kuliah di jurusan ini kamu akan disiapkan untuk bersaing di era industri 4.0 sehingga mampu membantu sektor pertanian menghasilkan produk-produk unggulan.
AGRIBISNIS
Jurusan Agribisnis mengkaji upaya manusia dalam mengembangkan sumber daya alam dan lingkungan agar lebih berdayaguna dalam pemenuhan kebutuhan hidup. Kuliah di jurusan ini, akan banyak menggunakan pendekatan biologis seperti teknik pengembangan budidaya, jenis tanaman dan ternak, penelitian mikroorganisme, penelitian bidang pengolahan, distribusi pertanian, konservasi lingkungan, pengelolaan pertanian, hingga membahas tentang kebijakan pertanian.
ILMU TANAH
Ilmu Tanah merupakan bidang ilmu yang mengkaji tanah sebagai sumber daya alam. Di jurusan ini kamu akan mempelajari berbagai aspek terkait tanah. Kamu akan belajar mulai dari pembentukan, klasifikasi, pemetaan, dan karakteristik tanah (fisik, kimiawi, biologis). Selain itu, kamu juga akan meneliti tingkat kesuburan, dan bagaimana cara mengelolanya agar dapat mendukung kehidupan seluruh makhluk hidup.
D3 Budidaya Tanaman Perkebunan
D3 Budidaya Tanaman Pangan
S1 Agrobisnis
S1 Agroteknologi
S1 Ilmu Tanah