Berita

IMG 20211125 174400

Konferensi Internasional dan Rakornas KOBI yang dilaksanakan di Mansinam Beach Hotel Manokwari Papua Barat selama dua hari (24-25)  mengahasilkan lima rekomendasi penting. Rekomendasi tersebut di susun oleh tim dari berbagai perwakilan yang mengikuti Konferensi dan Rakernas KOBI.

Tim perumus yang merumuskan 5 rekomendasi penting untuk kemaslahatan Umat manusia  berjumlah sepuluh orang, mereka adalah perwakilan dari KOBI, Pemerintah, LSM dan dunia usaha. Adapun nama-namanya adalah Prof. Dr. Suwarno Hadisusanto, (KOBI)   Prof. Dr.  Charlie D. Heatubun, (Pemda Papua Barat)   Dr. Keliopas Krey, (Unipa) Dr. Tedjo Sukmono (KOBI), Yance de Fretes, Ph.D, (LSM),  Febriza Dwiranti, Ph.D, (S2 Biologi Unipa)  Muhammad Badrut Taman, S.Pd, M.Si, (KOBI)  Ir. Agustinus Kilmaskossu, M.Si,(Dosen Biologi) Paskalina Th, Lefaan, M.Si, (S1 Biologi Unipa)  dan Arlan Suruan, S.Ip. (PTFI).

IMG 20211125 171341

Lima hasil rumusan itu adalah (1) Perguruan Tinggi Bertanggungjawab Terhadap Eksistensi Keanekaragaman Hayati di Papua, (2). Perlu Meningkatkan Jejaring Stakeholder  dan Kapasitas Peneliti di Bidang Biologi, (3) Perlu ada Kolektif Action  untuk Perlindungan Biodiversitas, melalui PERDASUS (Peraturan Daerah  Khusus ) dan Pendirian Natural History Museum di Manokwari (4) KOBI Perlu membuat Gerakan Sadar Konservasi berbasis Kearifan Lokal, dan yang (5) Pelaksanaan Kongres KOBI  Tahun 2022 di Usulkan di Manado. Ditetapkan di Hotel Mansinam Beach Manokwari Papua Barat pada tanggal  25 November 2021, selesai dibacakan kemudian di tutup oleh Dekan Fakultas MIPA Unipa Dr. Markus H. Langsa, S.Si, M.Sc, Ph.D yang di tandai dengan pemukulan tifa dan lagu Tanah Papua yang di nyanyikan oleh Mhasiswa Biologi Unipa (m/i).