Berita

IMG 20210112 WA0062
Manokwari (10/12) Universitas Papua (UNIPA) dalam penilaian Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (SIMKATMAWA) Tingkat Nasional Tahun 2021 berhasil melewati 318 Perguruan Tinggi dan menempati urutan 249. Sebelumnya tahun 2020 Unipa berada di urutan 567 namun pada tahun 2021 mengalami peningkatan yang signifikan sehingga  menempati urutan 249 secara nasional, Ini berarti Unipa berhasil melewati 318 PTN yang ada di Indonesia. Simkatmawa merupakan Evaluasi dari Kemendikbudristek dalam bentuk penilaian kinerja atau kegiatan mahasiswa di kampus yang selalu dilaporkan oleh kampus tentang prestasi mahasiswa di kampus kepada kementerian.

Wakil Rektor III Unipa Dr. Keliopas Krey, S.Pd, M.Si mengatakan, pringkat 249 termasuk dalam kategori baik (B). Artinya prestasi mahasiswa  kita di Unipa dalam kategori Baik. Tentu ini merupakan suatu yang membanggakan bagi kampus kita unipa. Katanya.  Lanjutnya lagi untuk peringkat cluster Liga 2 (mahasiswa aktif 5000 – 18.000), Unipa menempati peringkat 116. Ini pun termasuk dalam kategori Baik (B).

“Puji Tuhan pemeringkatan SIMKATMAWA tahun 2021 sudah diterbitkan. Universitas Papua mengalami kenaikan peringkat dari 567 (2020) menjadi 249 (2021).  Peringkat 249 (Baik) ini secara nasional, sedangkan untuk peringkat dalam cluster Liga 2 (mahasiswa aktif 5000 – 18.000), Unipa menempati peringkat 116. Trima kasih atas dukungan pak Rektor, para pimpinan dan mahasiswa Unipa serta seluruh sivitas akademika Unipa. Semua karena kemurahan Tuhan” ungkapnya.

“simkatmawa merupakan  puncak penilaian terhadap semua prestasi dan tata kelola bidang kemahasiswaan.  Dengan capaian hasil ini Unipa lebih bersemangat lagi  memberikan pelayanan yang semakin berkualitas. Termasuk juga sekarang dalam implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk meningkatkan kontribusi perguruan tinggi terhadap pengembangan minat, bakat, penalaran dan kreativitas serta kesejahteraan dan pengembangan kewirausahaan” katanya.

Informasi tambahan bahwa Komponen penilaian Simkatmawa ada lima aspek yaitu manajemen institusi, MBKM/non lomba, prestasi mandiri, rekognisi dan pelatihan mental kebangsaan serta kegiatan Belmawa Kemdikbud. Seluruh kegiatan tersebut dalam satu tahun kemudian dihitung dan diberikan penilaian.

Selamat kepada Wakil Rektor III dan jajarannya yang sudah kerja keras semoga ke depan Unipa menjadi lebih baik lagi dalam meningkatkan prestasi mahasiswa “Ilmu untuk kemanusiaan” (m/i)